Tuban Kembali Raih KLA

kotatuban.com – Kabupaten Tuban kembali mendapatkan Predikat Kabupaten Layak Anak Kategori Pratama dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA).

Penghargaan diserahkan oleh Menteri PP-PA, Yohana Yembise kepada Bupati Tuban Fathul Huda. Bupati didampingi Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos PPPA) Tuban, Nurjanah, dan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Tuban Choliq Qunnasich.

Malam penghargaan ini diselenggarakan di hotel Four Points, Makassar, Selasa (23/7) kemarin bertepatan dengan peringatan Hari Anak Nasional 2019.

Adapun Penghargaan Kabupaten/Kota Layak Anak terdiri atas lima predikat, yaitu Pratama, Madya, Nindya, Utama, dan Kabupaten/Kota Layak Anak. Pada Tahun ini Sebanyak 135 kabupaten/kota di Indonesia berhasil meraih predikat Pratama, 86 kabupaten/kota meraih predikat Madya, 23 kabupaten/kota dengan predikat Nindya, dan 3 kota dengan predikat utama yaitu Surakarta, Surabaya dan Denpasar.

Dalam sambutannya Menteri PP-PA mengungkapkan bahwa Penghargaan Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) tahun 2019 ini merupakan bentuk apresiasi bagi daerah yang berkomitmen tinggi, yang diwujudkan dalam upaya-upaya konkrit yang ditujukan untuk pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak.

Pada kesempatan ini Yohana juga memberikan apresiasi kepada para bupati dan walikota dalam upaya memenuhi amanat konstitusi, yakni upaya pemenuhan hak anak sesuai dengan Undang (UU) Nomor 35 tahun 2014 pasal 21 ayat 4 dan 5 yang mendorong pemerintah daerah bertanggung jawab mendukung pemerintah pusat dalam perlindungan terhadap anak.

Melalui KLA, Kementerian PP-PA menurut Yohana juga berupaya keras mendorong pemenuhan hak anak dan perlindungan keluarga untuk mewujudkan Indonesia Layak Anak (IDOLA) pada tahun 2030.

Sementara itu Bupati Tuban, Fathul Huda usai menerima penghargaan ini mengucapkan rasa syukur dan bahagia karena usaha keras berbagai pihak lintas sektoral selama ini dalam mewujudkan Kabupaten Tuban yang Layak anak dapat terwujud.

“Penghargaan ini akan kita jadikan motivasi dan juga bahan evaluasi dalam merumuskan setiap kebijakan, program dan kegiatan yang berhubungan dengan anak,” jelas Nurjanah (rto)

 

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban