Tuban Miliki RPH Moderen

Kotatuban.com – Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskanak) Kabupaten Tuban, melaunching Rumah Potong Hewan (RPH) Ruminansia moderen, berada di kawasan Kelurahan Mondokan, Kecamatan Tuban.

Pembangunan RPH Ruminansia yang berdiri dilahan seluas 2 hektar tersebut dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat terkait kebutuhan daging yang higienis, sehat, dan halal. Dimana, pada RPH itu memiliki alat-alat pemotongan hewan yang canggih dan modern.

“RPH ini lebih modern untuk meningkatkan pelayanan pada masyarakat dalam pemotongan hewan. Prosesnya lebih cepat, higienis dan halal,” terang M. Amenan Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Tuban, Kamis (31/12).

Termasuk, di dalam RPH tersebut ada gergaji besar yang berfungsi untuk membelah daging menjadi dua bagian setelah dilakukan pengelupasan kulit hewan. Selain itu, mayoritas peralatannya bersistem elektrik, Dengan begitu, proses pemotongan sampai berubah menjadi daging-daging cacah berlangsung cepat atau hanya membutuhkan waktu 15 menit untuk satu ekor sapi.

“Pemotongan satu ekor sapi maksimal membutuhkan waktu 30 menit dan paling cepat 15 menit sudah selesai. Target kita di RPH ini mampu memotong 50 ekor sapi dalam sehari,” beber M. Amenan.

Sementara itu, Bupati Tuban H. Fathul Huda menyambut baik adanya pelayanan RPH tersebut. Karena proses pemotongan hewan dilakukan secara modern, dan diharapkan kedepannya bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Tuban.

“Harapannya bisa mensejahterakan semuanya, baik peternaknya, pengusahanya maupun masyarakat,” harap Bupati Tuban.

Lebih lanjut, Bupati menjelaskan dengan adanya pelayanan RPH yang modern ini untuk pengusaha akan memperoleh daging yang bagus. Kemudian untuk user atau masyarakat bisa menikmati daging higienis dan halal.

“Untuk peternaknya bisa meningkatkan kesejahteraan ekonomi, karena kita tahu Tuban populasi ternak utamanya sapi nomor satu,” pungkasnya. (duc)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban