Tuban Optimis Lampaui Target Produksi Gabah 598 Ribu Ton

image
Pengeringan padi secara tradisional

kotatuban.com-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban, optimis target produksi 598 ribo ton gabah kering giling terpenuhi hingga Desember mendatang. Hal tersebut terlihat dari hasli produksi gabah yang mengalami peningkatan dari 6,0 ton per hektar menjadi 6,2 ton per hektar.

Kepala Bagian Hubungan Masyarakat dan Media, (Humas Media) Pemerintah Kabupaten Tuban, Teguh Setyobudi mengatakan, musim tanam pertama sejak akhir 2015 hingga awal 2016 ini, telah memasuki musim panen. Dari catatan Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertan) Kabupaten Tuban, luas hahan yang ditanami padi juga mengalami perluasan.

“Tahun 2015 luas tanaman padi 90.036 hektar, dan tahun ini mencapai 95.403 hektar, sudah barang tentu dari luasanya produksi diprediksi semakin meningkat,” kata Teguh Setyobudi, Senin, (02/05).

Melihat kondisi pertanian Kabupaten Tuban saat ini, pemerintah kabupaten optimis jika target produksi gabah 2016 sebanyak 598.407 ton akan terlampaui hingga Desember tahun ini. Apalagi musim  tanam pertama tahun ini tidak diwarnai banyak bencana banjir seperti tahun-tahun sebelumnya yang merusak tanaman padi.

Adapun, produksi gabah terbesar di Kabupaten Tuban berasal dari wilayah bantaran Bengawan Solo, seperti Kecamatan Rengel, Plumpang dan Widang. Selai itu juga wilayah Kecamatan Merakurak dan  Singgahan yang memiliki cukup banyak cadangan air.

“Produksi terbesar kami masih dari wlayah bantaran bengawan solo. Ditempat lain Merakurak dan Singgahan, dua kecamatan ini memang cukup baik ketersediaan airnya,” ungkap Teguh.

Untuk diketahui, selain untuk memenuhi kebutuhan pasar dalam daerah, gabah yang diproduksi petani Tuban juga dikirim ke luar daerah seperti Lamongan, Gresik, Surabaya  bahkan hingga Rembang, Jawa Tengah. (kim)

 

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban