Tuban Raih Penghargaan Samkaryanugraha Parasamya Purnakarya Nugraha

image

kotatuban.com-Kabupaten Tuban meraih penghargaan Samkaryanugraha Parasamya Purnakarya Nugraha atas prestasinya dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Penghargaan diberikan Presiden RI Ir. H. Joko Widodo yang diterima Bupati Tuban, H. Fathul Huda, pada Peringatan Hari Oronomi Daerah ke-19 di Istana Negara Jakarta, Selasa (28/4/2015).

Menurut Kepala Bagian Humas dan Media Kabupaten Tuban, Teguh Setyobudi, Samkaryanugraha Parasamya Purnakarya Nugraha merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan Presiden RI kepada provinsi dan kabupaten/kota, yang menunjukkan hasil karya tertinggi dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat selama tiga tahun berturut-turut.

Penilaian berdasarkan pada hasil evaluasi kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah (EKPPD) tahun 2012-2014 terhadap laporan penyelenggaraan pemerintahan daerah (LPPD) tahun 2011-2013. Selama tiga tahun tersebut, Kabupaten Tuban menduduki peringkat terbaik dalam EKPPD.

“Alhamdulillah semua itu tidak lepas dari dukungan jajaran SKPD Kabupaten Tuban sehingga penghargaan ini dapat kami raih,” kata Teguh Setyobudi. 

Adapun variabel yang dinilai, antara lain mengenai indeks capaian kinerja, dari tiga aspek, yaitu, tataran pengambil kebijakan (penilaian terhadap kinerja kepala daerah dan DPRD), tataran pelaksana kebijakan (penilaian terhadap kinerja SKPD), dan capaian urusan pemerintah (penilaian terhadap capaian kinerja 26 urusan wajib dan delapan urusan pilihan). 

Selain itu juga dilakukan penilaian terhadap indeks kesesuaian materi antara LPPD dengan Peraturan Pemerintah Nomor 3 Tahun 2007.

Prestasi yang diraih untuk ketiga kalinya sehingga membuahkan penghargaan Samkarya Nugraha Parasamya Purnakarya Nugraha ini sebagai salah satu wujud kerja keras Pemkab Tuban untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui berbagai bidang.

Selain Kabupaten Tuban, Penghargaan Samkaryanugraha Parasamya Purnakarya Nugraha juga diraih oleh Kabupaten Purbalingga, Kota Madiun dan Kota Mojokerto. (kim)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban