Tuban Rawan Bencana, Wabub Cek Kesiapan BPBD

kotatuban.com – Memastikan kesiap siagaan dalam menangani bencana yang terjadi di Kabupaten Tuban, Wakil Bupati Tuban Noor Nahar Hussaien melakukan peninjauan dan pengecekan kesiapan dan perlengkapan yang ada di Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tuban. 

‘’Bulan-bulan ini di Tuban sudah banyak terjadi bencana seperti puting beliung dan kebakaran. Maka kita mengecek kesiap siagaan BPBD,’’ ungkap Wabub Noor Nahar, Jumat (4/1).

Pada kesempatan tersebut mantan Ketua PCNU Tuban tersebut juga melakukan pengecekan terhadap peralatan yang ada di BPBD. Selain itu, Wabub Noor Nahar juga mengecek kesiapan personil yang ada di OPD bidang kebencanaan tersebut. 

’Tuban itu berpotensi terjadi bencana seperti banjir, puting beliung, kebakaran, dan longsor. Untuk itu, sebelum terjadi bencana itu kita harus pastikan kesiap siagaan BPBD, baik itu peralatannya maupun personilnya,’’ ujar orang nomor dua di lingkungan Pemkab Tuban tersebut. 

Menurutnya, saat ini BPBD Tuban memiliki delapan unit mobil kebakaran, tapi hanya lima mobil kebakaran yang dapat digunakan dan berfungsi dengan baik. Sehingga, hal itu perlu dianggarkan untuk biaya perwatan terhadap kendaraan tersebut. 

‘’Anggaran untuk kebencanaan akan kita tambah, dan jika APBD tidak mencukupi akan kita mintakan kepada perusahaan-perusahaan yang ada di Tuban,’’ tandasnya. 

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Tuban, Joko Ludiono, mengatakan bahwa BPBD masih kekurangan peralatan dan personil untuk penanggulangan bencana. Selain itu, masih ada beberapa kendala yang dihadapi BPBD, seperti jauhnya lokasi bencana dengan peralatan milik BPBD.

‘’Semoga saja Tuban tetap aman terkendali,’’ pungkasnya. (rto) 

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban