Tujuh Kecamatan di Tuban Berpotensi Angin Puting Beliung

Atap rumah warga yang diterjang puting beliung
Atap rumah warga yang diterjang puting beliung

kotatuban.com – Memasuki musim hujan tahun ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabpoaten Tuban, menyatakan beberapa wilayah di Kabupaten Tuban berpotensi mengalami angin puting beliung.

Plt Kepala BPBD Tuban, Joko Ludiono, mengatakan, beberapa wilayah yang berpotensi angin tersebut berada di kawasan dataran rendah atau di kaki lembah pegunungan kapur utara.

“Daerah yang berotensi puting beliung ada didataran rendah dibawah pegunungan kapur utara, “ kata Plt Kepala BPBD Tuban, Joko Ludiono, Rabu (05/10).

Adapun wilayah kecamatan di Tuban yang berpotensi angin adalah Kecamatan Singgahan, Kcamatan Senori, Kecamatan Montong, Kecamatan Kerek, Kecamatan Grabagan, Kecamatan Parengan dan Kecamatan Tuban.

“Potensi itu ada di mana saja, namun, menurut catatan tahun sebelumnya ada ditujuh wilayah itu, termasuk di kota,” sambung Joko.

Dijelaskan Joko, awan hitam pekat, hujan disetrai angin kencang dan petir merupakan tanda-tanda awal potensi puting beliung. Masyarakat di wilayah berpotensi dihimbau lebih waspada jika ada angin kencang disertai hujan.

“Tanda awal ini juga harus diwaspadai masyarakat, jika ada hujan disertai angin carilah tempat aman dan mudah menyelamatkan diri,” himbau Joko.

Seperti diketahui, beberapa waktu lalu, angin puting beliung juga menerjang wilayah Kecamatan Senori, sedikitnya 25 rumah mengakami kerusakan ringan hingga sedang.  Selain itu tower milik radio pemerintah di Kecamatan Grabagan juga roboh akibat terjangan angin. (kim)

 

 

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban