Tumbuhkan Rasa Percaya Diri, Disabilitas Ikuti Pelatihan Public Speaking

Kotatuban.com – Antusiasme yang tinggi ditunjukkan anggota Organisasi Disabilitas Tuban (Orbit) saat mengikuti Pelatihan Public Speaking, Jumat (29/07/2022) di Kantor Dinsos P3A dan PMD Tuban. Sebanyak 30 peserta mengasah kemampuan public speaking dengan dimentori Founder Tuban Creative Hub, Kemal Khoirur Rahman.

Ketua Orbit, Rustawar mengatakan penyandang disabilitas diberikan bekal ilmu sekaligus skill untuk berbicara di muka umum. Tujuannya, guna meningkatkan kepercayaan diri ketika bersosialisasi maupun berkegiatan di masyarakat umum. “Sehingga kita tidak lagi minder, serta dapat dipandang dan diakui orang lain,” ungkapnya.

Rustawar menuturkan kepercayaan diri penyandang disabilitas harus lebih kuat dibanding rata-rata masyarakat umum. Agar mampu membuktikan dirinya dan memaksimalkan potensi diri. “Kita buktikan bahwa disabilitas juga mampu seperti orang yang normal, bahkan lebih jika memilikikemauan,” ujarnya.

Kabid Pemberdayaan Rehabilitasi Sosial dan Penanganan Korban Tindak Kekerasan Dinsos P3A dan PMD, Dra. Muharti menyampaikan apresiasi atas semangat peserta pelatihan. Semangat ini harus terus diijaga dan ditingkatkan. Semangat yang ditunjukkan saat ini bukan hanya untuk berorganisasi tapi juga memperjuangkan hak hidup dan kesetaraan bagi disabilitas.

Melalui pelatihan ini, lanjut Muhari, penyandang disabilitas dapat meningkatkan kemampuan dirinya. “Keterbatasan bukan menjadi penghalang untuk meningkatkan kemampuan,” jelasnya. Menurutnya, bekal kemampuan public speaking menjadi modal berharga agar mampu berkontribusi di masyarakat.

Sementara itu, Founder Tuban Creative Hub, Kemal Khoirur Rahman memuji semangat yang ditujukan penyandang disabilitas saat mengikuti pelatihan. Menurutnya, mengisi kegiatan ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi dirinya diberi kesempatan mendampingi Orbit pada pelatihan ini. Harapannya, materi yang disampaikan dapat membawa manfaat bagi penyandang Disabilitas.

“Saya merasa bangga dapat sharing ilmu dengan rekan-rekan Orbit,” jelasnya. Kemal Khoirur berharap rekan-rekan Orbit terus menjaga semangatnya dan selalu percaya diri dalam menjalani kehidupan bermasyarakat. (duc)

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban