UKM Binaan SI Makin Kokoh Tak Tertandingi

image
Nanik menunjukkan piagam penghargaan

kotatuban.com-Usaha Kecil Menengah (UKM), salah satu mitra binaan Semen Indonesia bidang industri batik tradisonal Gedok raih penghargaan juara satu Wirausaha Mikro Sosial dalam penghargaan Citi Microinterpreneurship Award (CMA) 2015. Penghargaan bergengsi itu diberikan pertengahan Januari lalu di Jakarta.

Penghargaan tersebut dberikan kepada Nanik Hariningsih, pemilik usaha produksi kain dan batik Gedok khas Tuban. UKM ini eksis mengunakan cara tradisioal untuk memproduksi batik miliknya. UKM di desa Margorejo, Kecamatan Kerek, Tuban, merupakan mitra binaan Semen Indonesia, mendapatkan juara satu dari beberapa kriteria penilaian. Diantaranya adalah pelestari budaya, lingkungan, hingga pemberdayaan wanita.

“Kemarin saat ada survey tim juri dari Universitas Indonesia, usaha saya ini masuk latagiri sosial, kerana selain melestarikan budaya juga pemberdayaan lingkungan sekitar,”  ujar Nanik, saat disambangi  kotatuban.com  di kediamanya, Dusun Kajoran, Desa Kedungrejo, Kecamatan Kerek.

Nanik sendiri tidak menyangka, UKM miliknya itu mampu meraih juara satu, setelah bersaing dengan berbagai UKM dari seluruh Indonesia, seperti Sulawesi, Sumatera, hingga Kalimantan.

“Banyak yang ikut termasuk dari Sumatera dan Kalimantan,  dari Jawa Timur selain saya, juga ada dari Sidoarjo,” kata Nanik.

Nanik mengaku usaha  yang dirintis sejak tahun 2007 dari usaha orang tuanya yang sempat fakum. Kini usaha itu membuahkan hasil. Usaha warisan itu sebelumnya juga sempat jatuh bangun karena keterbatasan modal, serta hambatan dalam pemasaran produk.

“Sempat juga kesulitan modal, namun, akhirnya ikut menjalin kerjasama dengan Semen Indonesia, Alhamdulillah, sampai hari ini sudah beberapakali mendapatkan kredit lunak dari perusahaan itu,” terang Nanik.

Menurut Nanik, Semen Indonesia tidak saja memberikan modal bagi usahanya, namun, juga sering membantu dalam pemasaran, salah satuya memalui kegiatan pameran dan promosi.

“Tidak cuma modal lho Mas, kami sebagai binaannya juga kerap dilibatkan dalam kegiatan pameran untuk promosi, dan itu cukup bagus bagi prospek pasar kami,” katanya.

Nanik berharap usaha kain dan batik Gedok miliknya itu terus berkembang bersama Semen Indonesia. Sebab tanpa dorongan dari perusahaan usaha kecil menengah seperti miliknya akan sulit berkembang.

“Kami berharap, peran perusahaan seperti ini terus ada, agar UKM seperti kami ini  dapat berkembang, bukan hanya milik saya namun juga UKM lainnya mitra Semen Indonesia.” pungkas Nanik. (kim)

 

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban