Ulat Jati ‘Teror’ Warga Tuban

image
Ulat jati biki warga resah

kotatuban.com-Sudah tiga hari terakhir warga sejumlah desa di Tuban, terutama dekat dengan hutan jati ‘diserang’ ulat jati. Seperti di Kecamatan Semanding yang tinggal di kawasan hutan jati diteror serbuan ulat berwarna hitam yang cukup menggelikan. Ulat yang memakan daun jati dengan jumlah jutaan tersebut masuk rumah, menempel di dinding dan menganggu aktifitas warga. Bahkan pengguna jalan juga tidak luput dari ‘serangan’ ulat tersebut.

Juri (50) salah seorang warga Desa Bektiharjo, Kecamatan Semanding mengatakan, rumahnya yang berada sekitar 10 meter dari hutan jati desa setempat didatangi ulat yang merayap dari tanah atau menggelayut menggunakan benang sutra dari pohon di sekitar rumah miliknya. Hamper setiap jam rumah harus disapu agar ulat tidak semakin banyak menempel didinding dan lantai.

“Sudah tiga hari Mas, ini sudah sepupuh kali saya nyapu karena kotor oleh ulat jati ini,” terang Juri, Rabu (30/12).

Menurut Juri, serangan ulat itu baru pertama kali terjadi. Setiap pergantian musim kemarau ke hujan seperti sekarang ini selalu mendatangkan ulat, namun, tidak seperti tahun ini yang sampai menyerang rumah warga.

“Kalau tiap tahun pasti ada ulat jati seperti ini, tapi saya baru kali ini melihat ulat yang begitu banyak,” terang Juri.

Tidak hanya rumah Juri, rumah warga lain yang ada di Desa Bektiharjo  juga mengalami serangan ulat yang diperkirakan akan segera berkepompog ini, tidak hanya megotori rumah, ulat ini juga menciptakan jaring sutra lembut membuat warga risih bahkan ketakutan.

“Sampai masuk kamar ulatnya, biasanya tidak seperti ini,” kata wagre Bektiharjo lainya bernama Lasirun.

Lasirun mengaku terganggu, pasalnya ulat juga menempel dperabotan rumahnya seperti ember, meja, kursi hingga almari. (kim)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban