UNBK Terkendala Biaya dan Peralatan

image
Kasi Kurikulum Bidang Pendidikan SMP/SMA/SMK, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Tuban,Teguh Widodo

kotatuban.com-Keterbatasan biaya dan perlengkapan komputer sebagai sarana penunjang Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), tak banyak sekolah yang bisa melaksanakannya.

Kasi Kurikulum Bidang Pendidikan SMP/SMA/SMK, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Tuban,Teguh Widodo mengatakan UNBK SMP tahun ini hanya digelar di dua lembaga, yakni, SMPN 1 dan SMPN 3 Tuban. Sedangkan ratusan lembaga lainya masih memggunakan Ujian Nasional konvensional (berbasis kertas).

Memurut Teguh, kendala paling besar yang membuat Kabupaten Tuban belum dapat melaksanakan ujian berbasis komputer dikarenakan sebagian besar sekolah belum memiliki peralatan terkoneksi dengan jaringan. Jika ada laboraturium komputer yang dimiliki sekolahan masih belum sesuai standart.

“Tidak semua sekolah memiliki lab komputer, kalaupun ada masih belum memadai, sebab, jika akan digunakan ujian juga harus ada satu server jaringan,” terang Teguh, Sabtu (30/04).

Namun demikian, kata Teguh, secara keseluruhan ujian nasional SMP di Kabupaten Tuban sudah siap dilaksanakan.

“Secara keseluruhan peraiapan sudah siap, semoga UN SMP ini berjalan lancar seperti UN SMA kemarin,” tambahnya.

Untuk diketahui pelaksanaan Ujian Nasional Tingkat SMP dan sederajat Kabupaten Tuban diikuti 178 lembaga pendidikan negeri dan swasta. Rincinya SMP Negeri sebanyak 52 lembaga, swasta 32 lembaga MTs Negeri 3 lembaga dan MTs swasta 92 lembaga. Ujian bakal digelar 9 Mei mendatang selama tiga hari. (kim)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban