Sekolah Ring 1 Pertamina EP Dapat Pelatihan Jurnalistik

kotatuban.com – Sekolah tingkat SMA di ring 1 Pertamina Eksplorasi dan Produksi (Pertamina EP) mendapatkan pelatihan sekolah jurnalistik, Rabu (15/11). Pelatihan jurnalistik yang dipandu oleh komunitas wartawan yang ada di Tuban, Ronggolawe Press Solidarity (RPS) pertama kali dilaksanakan di MA Islamiyah Senori.

Sekolah jurnalistik digelar dua hari. Dengan beberapa materi seperti dasar jurnalistik, teknik reportase dan wawancara, fotografi, videografi, dan teknik menulis berita.

”Peserta juga akan kita ajak untuk melakukan praktek agar lebih memahami bagaimana proses jurnalistik di media massa bisa berjalan,” terang Ketua Panitia, Suwandi.

Sementara itu, Ketua RPS Khoirul Huda, menjelaskan beberapa fungsi pers dalam sambutannya. Salah satunya adalah fungsi edukasi yang bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya dengan memberikan pembelajar atau pendidikan jurnalistik kepada siswa.

”Di pelatihan ini kami juga ingin bisa berbagi agar siswa yang ikut lebih memahami ilmu jurnalistik, sehingga mampu membuat tabloid atau buletin sekolah,” kata Huda.

Sementara itu, perwakilan Pertamina EP, Kartika Tiara, memberikan sedikit gambaran mengenai proses produksi minyak dan gas bumi. Kecamatan Senori memang salah satu wilayah operasi Pertamina EP field Cepu.

”Tugas Pertamina EP adalah mencari dan mengeluarkan minyak dan gas bumi dari tanah. Semua itu dilakukan untuk mencukupi kebutuhan BBM,” jelas Tiara.

Sekolah jurnalistik selain bisa diambil manfaatnya, juga bisa menjadi ajang silaturrahmi antara perusahaan dengan masyarakat sekitar.

Kepala Sekolah MA Islamiyah, Ahmad Mustain, berharap kegiatan seperti ini bisa terus berkesinambungan. Dia juga mengucapkan terima kasih atas suport yang diberikan perusahaan. ”Sudah ada buletin di sekolah, kami berharap para siswa bisa menngelolanya lebih baik,” pungkasnya. (duc)

 

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban