SMAN Kenduruan Dapat Pelatihan Jurnalistik

kotatuban.com – Kini gilian SMAN Kenduruan mendapatkan pelatihan atau sekolah jurnalistik dari Ronggolawe Press Solidarity (RPS) yang bekerjasama dengan Pertamina Eksplorasi dan Produksi (Pertamina EP) Asset IV Field Cepu, setelah sebelumnya pelatihan yang sama digelar di MA Islamiyah Senori.

Sekolah jurnalistik kedua, diadakan di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Kenduruan. Perusahaan plat merah itu memang sedang mengusahakan produksi Migas di wilayah Desa Jamprong, Kecamatan Kenduruan.

”Sebagai tamu yang baik, sudah selayaknya perusahaan ikut memberikan pendidikan atau meningkatkan SDM di lingkungan mereka. Termasuk dengan mengadakan sekolah jurnalistik,” kata Ketua RPS, Khoirul Huda, Rabu (12/11).

Menurutnya, pendidikan jurnalistik dinilai penting diberikan kepada siswa sejak dini. Karena di dalamnya ada proses belajar verifikasi. Siswa akan belajar bagaimana memproduksi dan mengolah informasi yang baik, juga akan belajar memilih dan memilah informasi yang didapatkan.

”Dunia maya menyediakan banyak sekali informasi yang seolah-olah dikemas dalam bentuk berita. Siswa harus belajar mengidentifikasi apakah informasi itu bisa dipertanggungjawabkan atau tidak,” jelas Huda.

Sementara itu, Kepala SMA N 1 Kenduruan, Supriadi, meminta siswa memanfaatkan momen pembelajaran yang diadakan Pertamina EP dan RPS selama dua hari ke depan.

”Semoga siswa dapat mengambil manfaat dengan pelatihan yang digelar dua hari kedepan. Sehingga, kedepan siswa dapat mengelola media sekolah lebih baik lagi,” pungkasnya. (duc)

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban