Wabub Ajak Mahasiswa Hadapi MEA

image
Wabup Tuban, Noor Nahar Hussein bersama Rektor Unirow

kotatuban.com – Saat ini pasar bebas atau Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) sedang bergulir, termasuk di Indonesia. Mau tidak mau masyarakat harus mempersiapkan diri dalam menghadapi MEA tersebut.

Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Hussaein di hadapan peserta kuliah umum yang digelar Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas PGRI Ronggolawe (Unirow) Tuban.

”Kalau di sini ada jurusan ilmu politik. Lulusannya ya harus bisa menjadi politisi yang negarawan,” ungkap Noor Nahar di hadapan peserta kuliah umum, Sabtu (23/04).

Menurutnya, untuk mengahadapi MEA semua masyarakat harus membekali diri, terutama mahasiswa sebagai generasi muda. Sebab, pada kompetisi tersebut yang harus menjadi perhatian adalah Sumber Daya Manusianya (SDM).

”Pada era persaingan tingkat Asean ini kita dituntut untuk memiliki SDM yang berkualitas. Untuk mampu bersaing dengan orang-orang dari luar,” ungkap orang nomor dua di Pemkab Tuban tersebut.

Selain itu, Noor Nahar juga mendorong agar mahasiswa juga mengembangkan potensi dirinya, misalnya dengan lebih sering melakukan riset. Termasuk riset tentang kondisi perpolitikan nasional maupun riset dalam bidang lainnya. 

”Coba nanti kalau ada diskusi lagi akan saya tanya. Bagiaman risetnya. Misalkan formulasi apa yang tepat untuk demokrasi di Indonesia, minimal perpolitikan di Kabupaten Tuban,” ujar mantan ketua PCNU Tuban itu. 

Sementara itu, dengan adanya MEA Pemkab Tuban telah ada beberapa kebijakan khusus yang telah ditetapkan. Salah satunya adalah memberikan syarat untuk para tenaga kerja asing yang masuk ke Tuban. Selain itu, Pemkab Tuban juga menegaskan kepada perusahaan yang ada di Tuban untuk mendahulukan tenaga lokal.

”Kalau di perusahaan itu masih ada yang bisa dikerjakan oleh masyarakat Tuban harus mengambil dari lokal,” tegasnya. 

Sementaran itu, Rektor Universitas Ronggolawe  Supiana Dian Nurtjahyani, mengatakan, keberadaan perguruan tinggi, pemerintah dan masyarakat itu harus sinergis. Kedatangan Wakil Bupati Tuban bisa menjadi langkah awal untuk mewujudkan kesinergisan tiga elemen tersebut. 

”Semoga senergitas antara Unirow dengan Pemkab Tuban akan semakin lebih baik lagi. Sehingga, Unirow akan semakin jaya,” pungkasnya. (duc)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban