Wabub Tuban Ajak Teladani Perjuangan Pahlawan

Kotatuban.com – Wabup Tuban, H. Riyadi, SH., didampingi Kapolres Tuban, AKBP Darman pimpin prosesi tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Ronggolawe Tuban, Rabu (10/11/2021).

Wabup Tuban, Riyadi mengungkapkan peringatan Hari Pahlawan juga menjadi momentum untuk merenungi pesan perjuangan yang dititipkan. Selaras dengan tema tahun ini “Pahlawanku Inspirasiku”, seluruh masyarakat Kabupaten Tuban diharapkan agar meneladani perjuangan pahlawan yang ikhlas mencurahkan jiwa raganya.

“Jadikan perjuangan pahlawan sebagai inspirasi untuk mengabdi dan memenuhi kesejahteraan masyarakat,” serunya.

Menyoal wacana pengusulan Sugondo Djojopuspito menjadi Pahlawan Nasional, Kang Riyadi sapaan akrab Wabup Tuban, menegaskan Pemkab Tuban akan berupaya semaksimal mungkin memenuhi persyaratan yang dibutuhkan.

Saat ini tengah dilakukan inventarisir dan identifikasi dokumen pendukung serta catatan  Sosok Sugondo Djojopuspito yang menjadi kebanggaan bagi kabupaten Tuban, dimana sosok Sugondo mampu merangkul seluruh pemuda Indonesia saat itu untuk menggelorakan semangat nasionalisme.

“Jiwa pahlawan yang mengalirkan di darah kita, harus tetap digelorakan masyarakat, utamanya generasi muda Kabupaten Tuban,” tegasnya.

Kang Riyadi menekankan peringatan Hari Pahlawan  menjadi momentum mengenang perjuangan para pendahulu, pahlawan, dan pemimpin sebelumnya.

Tonggak sejarah yang ditancapkan hendaknya dapat diteruskan dengan mewujudkan apa yang dicita-citakan para pendahulu. Cerminan sikap tersebut diantaranya dengan memberikan sumbangsih sesuai dengan kompetensi masing-masing bagi bangsa Indonesia, khususnya Kabupaten Tuban.

“Kita berdoa bersama-sama. Semoga perjuangan yang telah dilalui menjadi ladang ibadah,” tuturnya.

Sementara itu, Kapolres Tuban, AKBP Darman yang membacakan amanat Menteri Sosial RI menyatakan semangat, tekad, dan keyakinan pahlawan harus dapat menginspirasi dan menggerakkan masyarakat untuk mengemban misi bersejarah “mengalahkan” musuh bersama, yaitu kemiskinan dan kebodohan dalam arti luas.

Peringatan hari Pahlawan hendaknya dipandang sebagai momen untuk saling menguatkan, bahu membahu dengan penuh keikhlasan dan rasa tanggungjawab serta penghormatan atas jasa dan pengorbanan pahlawan.

Kapolres Tuban menyerukan nilai-nilai kepahlawanan sebagai inspirasi di tiap langkah penuh dengan inovasi dan daya kreasi. Setiap orang bisa menjadi pahlawan di bidang apapun, mulai dari menjadi pahlawan bagi ekonomi keluarganya dan komunitasnya.

“Jadikanlah pahlawan sebagai inspirasi di tiap langkah kehidupan kita,” tandasnya. (duc)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban