Wabup Noor Nahar Terima Api Porprov

kotatuban.com – Wabup Nnoor Nahar Hussein menerima Api Porprov. Api yang diambil dari Kayangan Api Bojonegoro diserahkan Budi Wiyana, sebagai Ketua Palaksana Porprov VI Jatim 2019 di Tuban, Selasa (02/07) di Alun-Alun Tuban.

Sebelumnya, api obor diambil dari Kahyangan Api diinapkan di Pendopo Malawapati Bojonegoro. Selanjutnya, obor Porprov diarak menuju jembatan Simo Glendeng, Soko. Serah terima obor Porprov turut disaksikan Kepala Disparbudpora Tuban; Kepala Disbudpar Bojonegoro; Kepala Dispendik Tuban; Ketua KONI Tuban dan Bojonegoro.

Obor Porprov yang dibawa oleh Ketua Panitia Porprov di Bojonegoro, Yayan Rohman diserahkan kepada Budi Wiyana. Api Porprov dibawa lari oleh Sartono, atlet gulat peraih medali perunggu PON XVIII Riau 2018, menuju lapangan Desa Simo, Soko, yang disambut pentas kesenian rakyat.

Rombongan kirab api meninggalkan lapangan Desa Simo sekitar pukul 13.48 WIB dan menempuh jarak kurang lebih 52 KM melintasi 5 kecamatan sebelum sampai di Alun-Alun Tuban. Rombongan kirab obor Porprov terdiri dari maskot Porprov Jatim Si Beki dan Si Lawe; atlet berprestasi Bumi Wali; dan Duta Wisata Kabupaten Tuban.

Rute kirab obor melewati jalan raya Soko-Rengel, jalan raya Rengel-Plumpang, Plumpang-Pakah, Pakah-Tuban. Memasuki kota Tuban, iringan obor Porprov melintas jalan Pahlawan, Basuki Rahmat, Diponegoro, Dr. Soetomo, Ronggolawe, Pemuda, PB Sudirman dan finish disambut Wabup Tuban bersama pimpinan instansi terkait.

Masyarakat tampak antusias memadati sepanjang rute kirab obor Porprov. Tidak mau melewatkan momen ini, masyarakat mengabadikan iring-iringan kirab obor Porprov menggunakan telepon seluler masing-masing.

Pukul 17.14 WIB, obor Porprov tiba di Alun-Alun Tuban. Pembawa obor menyerahkan obor kepada Sekda Tuban untuk selanjutnya  diserahkan ke Wakil Bupati Tuban, Ir.  Noor Nahar Hussein. Prosesi serah terima dihadiri ketua DPRD Tuban, KONI Tuban, perwakilan Forkopimda, pimpinan OPD terkait dan ratusan masyarakat.

Dalam sambutannya, Wabup menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah ikut menyukseskan kirab api Porprov hari ini.

“Kami juga sampaikan apresiasi kepada ribuan warga Kabupaten Tuban yang dengan merih menyambut kirab api Porprov,” ungkapnya.

Wabup berharap hadirnya Porprov Jatim mampu membawa semangat dan kegairahan untuk berlomba dan berkompetisi dengan menjunjung tinggi sportifitas. Masyarakat diharapkan ikut menyemarakkan ajang olahraga terbesar di Jatim ini dengan memberi dukungan dan doa kepada atlet Bumi Wali. Di samping itu, mampu menunjukkan kepada tamu dari daerah lain bahwa kabupaten Tuban adalah tuan rumah yang ramah dan tertib.

“Sukses pelaksanaan sebagai tuan rumah, sukses prestasi untuk atlet,” harapnya.

Obor Poprov selanjutnya disemayamkan di kompleks Pendopo Kridho Manunggal Tuban. Keesokan paginya, Rabu (03/07/2019) kirab obor Porprov akan dilanjutkan menuju jembatan desa Lohgung, Palang yang menjadi perbatasan Kabupaten Tuban dan Lamongan. (rto)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban