Wabup Noor Nahar Tinjau Proyek di Tuban

kotatuban.com – Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Hussein, melakukan peninjauan pembangunan sejumlah infrastruktur di kecamatan Semanding dan Grabagan, Selasa (27/8). Wabup didampingi Inspektur Inspektorat dan Plt. Kepala Dinas PUPR kabupaten Tuban meninjau pembangunan Jalan Lingkar Selatan (JLS), ruas jalan Grabagan-Rengel, dan kantor Kecamatan Semanding.

Wabup Noor Nahar menyampaikan peninjauan kali menyasar pada sejumlah proyek dengan nilai cukup besar. Pada pembangunan JLS, Wabup melihat perkembangan di Section 3, dimana di lokasi ini akan dibangun jembatan penghubung. Berdasarkan rencana awal, jembatan akan dibangun sepanjang 35 meter. Namun, melihat kondisi lapangan dan setelah dilakukan studi lanjutan, maka jembatan akan dibangun 12 meter.

“Sisanya akan dilakukan CCO (Contract Change Order) dengan penguatan jalan di beberapa titik dengan menggunakan box curvert dan dibangun saluran air, mengingat di lokasi tersebut banyak dialiri air,” jelasnya.

Sementara itu, pada ruas jalan Grabagan-Rengel dilakukan pelebaran jalan yang semula 4 meter menjadi 5,5 meter. Wabup menjelaskan pelebaran jalan ini untuk mempermudah akses jalan bagi masyarakat ke kota Tuban, maupun wilayah sekitar jalur alternatif ini.
“Mengingat ini merupakan jalur alternatif Kabupaten Tuban dan banyak dilintasi masyarakat sehingga perlu pelebaran,” imbuhnya.

Berbeda dengan dua proyek sebelumnya, Wabup menyatakan pembangunan kantor kecamatan Semanding mengalami keterlambatan. Menyikapi hal tersebut, Pemkab Tuban akan terus mendorong pihak pengembang agar melakukan akselerasi pengerjaan guna mengejar keterlambatan.

“Dikhawatirkan bila tidak sesuai dengan rencana awal akan mengganggu pelayanan bagi masyarakat,” ungkapnya.

Wabup dua periode ini merasa optimis dan yakin proyek JLS dan pelebaran jalan Grabagan-Rengel akan berjalan sesuai rencana awal. Selain tiga proyek tersebut, Pemkab Tuban juga akan melakukan mendorong percepatan pengerjaan dan pengawasan intensif terhadap proyek lain yang tengah dikerjakan. Sehingga semua proyek dapat selesai tepat waktu dan sesuai dengan rencana awal.

Sebelumnya, Bupati Tuban, Fathul Huda juga kembali meninjau proyek prioritas Bumi Wali ini. Peninjauan yang dilakukan Bupati Tuban kali kedua ini dimaksudkan untuk memastikan arahan dari Pemkab Tuban telah dijalankan dengan baik oleh pelaksana proyek. “Salah satunya adalah pengerjaan secara paralel, tidak menunggu yang lain tuntas dahulu,” ungkapnya.

Bupati Tuban menekankan peninjauan pembangunan JLS akan dilakukan berkala dan intens. Sehingga dapat diketahui perkembangannya serta meminimalkan terjadinya kendala pengerjaan. Diharapkan, pembangunan proyek JLS ini dapat mendorong pemerataan ekonomi di wilayah selatan kota sepanjang jalur JLS. Sehingga pertumbuhan ekonomi di Bumi Wali semakin merata. (rto)

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban