Waduk Mengering Warga Berburu Ikan

image
Warga mencari ikan di waduk

kotatuban.com-Warga Desa Karanglo, Kecamatan Kerek, memanfaatkan waduk di desa mereka yang kering memasuki musim kemarau tahun ini, untuk berburu ikan yang terjebak di kubangan lumpur dan sisa air waduk.  

Hanya dengan tangan kosong,  warga yang sebagian besar petani penggarap lahan sekitar waduk berburu ikan jenis wader,  mujaer, lele dan gabus. Minimnya air membuat ikan yang biasanya gesit dengan mudah ditangkap warga dengan tangan kosong tanpa alat jaring.

“Diubek (mengaduk air dengan kaki) biar jadi lumpur semua, terus ikanya mudah ditagkap,” ujar Warsiman salah seorang warg yang ditemui kotatuban.com saat memburu ika di waduk itu.

Nampak sejumlah warga tengah asik menangkap ikan, tidak butuh waktu lama tangan dikeluarkan dengan ikan yang sudah tertangkap.

“Mudah mas, sudah lemas wong sudah diubek. Ikannya nanti dimasak mas, digoreng biasanya,” kata Warsiman.

Menurut warga, setiap musim kemarau waduk di desa itu selalu kering, dan tahun ini waduk kering lebih cepat dibanding biasanya. Sebab, air waduk banyak dimanfaatkan untuk keperluan pertanian terutama pada saat musim panen kacang di ladang.

”Sebenarnya air di sini masih cukup banyak, tapi, sekarang banyak yang ambil  untuk menyiram tanaman kacang yang mau panen,” terang warga itu.

Waduk yang berada di selatan Desa Karanglo itu biasanya dimanfaatkan warga setempat untuk berbagai keperluan seperti air irigasi pertanian dan memandikan ternak. (kim)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban