Warga Bersama BPBD dan TNI Perbaiki Tanggul Kedungharjo

image
Gotong royong perbaiki tanggul Bengawam Solo

kotatuban.com-Warga masyarakat bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban bersama anggota Koramil Widang, lakukan perbaikan tanggul darurat Bengawan Solo yang rusak di Dusun Leboh, Desa Kedungharjo, Kecamatan Widang, Tuban.

“Hari ini kami bersama warga sekitar tanggul dan TNI, dan pemerintah kecamatan setempat kerjabakti perbaiki tanggul yang rusak di Widang,”  ujar Kasi Pencegahan dan Keiapsiagaan Bencana, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Kabupaten Tuban, Saefiyudin, Jumat (18/12).

Saefiyudin menjelaskan, perbaikan tanggul yang dilaksanakan hari ini merupakan perbaikan darurat dengan memasang anyaman bambu (gedhek) dan zag berisi pasir di tanggul yang mengalami retak dan terkikis air. Data dari BPBD Tuban kerusakan tanggul berada di dua titik yang panjangnya totalnya mencapai 52 meter.  

“Ini merupakan berbaikan daruruat, gunanya mencegah air mengikiss badan tanggul,” kata Asep, panggilan akrabnya.

Rencananya lanjut Asep, perbaikan secara permanen akan dilakukan oleh Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo dengan penanganan awal pada pekan depan.

“Pekan depan BBWS mulai bergerak melakukan perbaikan permanen,” lanjutnya.

Diberitakan sebelumnya, 210 kepala keluarga yang tinggal di sisi tanggul merasa was-was dan khawatir jika debit Bengawan Solo mengalami peningkatan. Sebab bukan tidak mungkin tekanan air dapat menjebolkan tanggul jika tidak segera mendapatkan penanganan dari otoritas bencana setempat.

“Kami berharap tidak terjad hal yang buruk, namun kami juga tidak lupa mengingatkan kepada warga tetap waspada, dan melaporkan secepatnya kepada pihak terkait jika terjadi hal-hal yang berpotensi bencana (kim)

 

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban