Warga Nilai ‎Harga Tanah Ring Road Terlalu Murah

image
Musyawarah warga terkait harga tanah jalan lingkar selatan

kotatuban.com – Warga Desa Tegalagung, Kecamatan Semanding menolak musyawarah kesepakatan harga tanah untuk pembebasan jalan lingkar atau ring road, Rabu (27/08).

Warga menilai patokan harga tanah yang ditentukan oleh Apresel Konsultan Jasa Penilai Pelayanan Publik (KJPPP), terlalu rendah dan masih jauh dari harapan warga.

Sedangkan, harga tanah sesuai analisa Apresel KJPPP dipatok  dua harga, yakni, analisanya terendah Rp 160.000 per meter dan harga tertinggi Rp 192.000 per meter.

Sedangkan,  jumlah pemilik tanah yang terkena dampak pembangunan jalur lingkar selatan tersebut di Desa Tegalagung, tercatat sebanyak 64 bidang 60 orang pemilik.

Sampai saat ini, tercatat sebanyak 14 orang pemilik tanah yang setuju dengan harga tanah tersebut. Sementara, 50 orang pemilik tanah menolak menandatangani kesepakatan tersebut, karena patokan harga tanah dianggap masih jauh dari harapan warga.

”Patokan harga tanah yang sudah ditentukan itu, seharusnya dikaji ulang saja. Sebab, masih sangat jauh dari harapan warga, terutama yang menjadi korban pembebasan,” protes warga bernama Sidik, diamini sejumlah warga lainnya.

Menanggapi penolakan warga tersebut, Sekretariat pengadaan tanah, yang juga seorang pegawai Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Tuban, Hamim Mudayana,  menyatakan bahwa saat ini baru tahap musyawarah sosialisasi kesepakatan harga. 

”Ini masih belum penentuan harga jadi, baru tahapan proses musyawarah bersama masyarakat,” kata Hamim.

Sementara itu, Kepala Bidang Prasarana Jalan, Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Tuban Izzudin, dalam pembebasan tanah untuk jalan lingkar di Kabupaten Tuban mentakan  baru tercatat tiga desa yang baru terealisasikan. Masing-masing Desa Penambangan, Semanding dan Prunggahan Wetan.

”Baru tiga desa yang sudah terealisasikan, masing masing, Desa Penambangan, Semanding, Prunggahan Wetan dan ini kita lanjutkan di Desa Tegalagung ini,” pungkasnya. (duc)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban